Tak Punya Lisensi UEFA Pro, Ljungberg Tak Bisa Jadi Pelatih Tetap Arsenal

Seperti diketahui bahwa Arsenal telah resmi menunjuk Freddie Ljungberg sebagai caretaker tim. Meskipun begitu, pihak manajemen klub tidak bisa menunjuk Lljungberg sebagai pelatih tetapnya, karena dirinya tak mempunyai lisensi UEFA Pro sebagai persyaratan untuk menjadi pelatih disebuah klub profesional.

Arsenal sebelumnya sudah mengakhiri kerjasamanya dengan Unai Emery sebagai pelatih tim, Jumat (29/11/2019). Kekalahan memalukan The Gunners ditangan Eintracht Frankfurt di laga Liga Europa, menjadi penyebab lengsernya Emery.

Sementara kekalahan ditangan Eintracht Frankfurt telah membuat Arsenal tak pernah meraih kemenangan dalam tujuh laga terakhirnya. Kursi kepelatihan pun, sementara waktu diganti oleh Freddie Ljungberg.

Pemain legendaris Arsenal ini, sebelumnya merupakan asisten dari Unai Emery. Namun setelah resmi ditunjuk sebagai manajer interim, dirinya akan melakoni debutnya saat The Gunners berhadapan dengan Norwich di kompetisi EPL.

Namun penunjukkan nama Lljunberg hanya sementara waktu, Arsenal sendiri harus segera menemukan pengganti Emery. Hal ini ditambah lagi Lljunberg tak memiliki lisensi kepelatihan UEFA Pro, The Gunners pun tak bisa menunjuknya sebagai pelatih tetap tim.

Sementara lisensi UEFA Pro memang merupakan persyaratan bagi setiap orang yang ingin menjadi pelatih tetap di kompetisi liga Inggris. Lljunberg diketahui hanya memiliki lisensi kepelatihan UEFA A saja.

Kondisi ini membuat Ljungberg tak akan bisa mengubah statusnya sebagai manajer interim menjadi manajer tetap di Arsenal. Di aturan Liga Inggris sendiri juga berlaku suatu aturan, yakni klub hanya boleh dilatih oleh manajer interim maksimal selama 12 pekan atau tiga bulan.

Menurut kabar yang beredar, beberapa nama pelatih top eropa masuk dalam kandidat kuat pelatih Arsenal selanjutnya. Nama seperti Carlo Ancelotti, Maurizio Pochettino, Massimilliano Allegri, Nuno Espirito Santo, dan Mauricio Pochettino menjadi kandidat pelatih baru The Gunners.